Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik

Alisa Pitri, Riswanti Rini, Erni Mustakim

Abstract

The problem of this research was the students’ result of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of discovery learning implementation to the students’ result of thematic learning.The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The result shows there is a significant effect of the discovery learning implementation to the students’ result of thematic learning by using discovery learning    at  the  fifth  grade  students  of  SDN 3 BKP academic year 2017/2018.

           

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 3 Bukit Kemiling Permai. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model  pembelajaran  Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik sesudah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V SD Negeri 3 BKP Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran discovery learning pembelajaran tematik.

References

Herlina. 2010. Minat Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Mullen, P.A. (2016). Effect of problembased learning and traditional instruction on self regulated learning. The Journal of Education Research,Heldref Publication, 99, 307-317. https://eric.ed.gov/?id=EJ744348. (Diakses pada tanggal 8 Desember 2017).

Rusman, 2013. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Bandung : Alfabeta.

Suherman dan Sukjaya. 2001 Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.