Pengaruh Model Kooperatif tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik

Hesti Dwi Rahmawati, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem in this research is still low the result of  student study of class IV. This study aims to determine the effect of the implementation of model make-match type co-operative on the results of fourth grade students. This research is a quasi experimental research with nonequivalent control group design, sothere are experiment class and control class. The instrument used is the test of learning outcomes and activity observation sheet of learners by using model of type Make a match co-operative. The data analysis used simple u-test. Based on the results of the research,u- test obtained the conclusion that model make-match type co-operative effect on learning outcomes in thematik learning and obtained conclusion that there are differences in learning outcomes learners on thematik learning with cooperative model type Make A Match compared to not using model make a match.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group, sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik dengan menggunakan model koperatif tipe Make A Match. Analisis data menggunakan uji- u. Berdasarkan hasil penelitian, uji u diperoleh kesimpulan bahwa model kooperatif tipe Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik dan diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan model koperatif tipe Make A Match dibandingkan dengan tidak menggunakan model kooperatif tipe Make A Match.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, pembelajaran tematik.

References

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru: Jakarta. Rajawali Pers.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual: Konsep Dan Aplikasi: Bandung. PT Refika Aditama.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori Aplikasi dan PAKEM: Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Huda, Miftahul. 2016. Cooperative Learning: Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovativ: Jakarta. Rajawali Pers.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.