Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Mila Linda Sari, A. Sudirman, Nelly Astuti

Abstract

The purpose of this research was to determine the significant influence on the application of problem solving to learning out comes of students class V SD Negeri 06 Metro Barat. This research was an experimentwith non equivalent control group design. The Instruments of the research used test. The data analysing technique used Independent sample t-test  varians which was began by of normality test and homogenity test. The results of the research showed that the influence of problem solving to learning results of students with tcount 3.00> ttable 2,00 (with α = 0,05).

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasilbelajar siswa denganthitung 3,00 > ttabel 2,00 (dengan α = 0,05).

 

Kata kunci: problem solving, hasil belajar, matematika

References

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Depdiknas.

_______. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta, Depdiknas.

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Yogyakarta, Media.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung, CV Pustaka Setia.

Muhidin dan Abdurahman. 2011. Dasar dasar Metode. Statistika untuk Penelitian. Bandung, Pustaka Setia.

Rizal, Muh.. 2009. Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Estimasi Berhitung. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Matematika di STKIP PGRI Tulungagung, 26 Maret 2009.

Sugiyono . 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&. Bandung, Alfabeta.

__________. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&. Bandung, Alfabeta.

Suranto. 2009. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan dengan program SPSS. CV. Semarang, Ghiyyas Putra.

Winarni, E. S & Harmini (2015). Matematika untuk PGSD. Cetakan Keempat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. [Skripsi].

Zakaria. & Yussoff. 2009. Antitude and Problem solving skills in algebra among malaysian matriculation college students. Europian Journal of Social science. 8(2). 232-245.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.