Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa

Dona Mei Sandra, Alben Ambarita, Muncarno Muncarno

Abstract

The purpose of this research is to know the significant and positive influence on cooperative learning model of twostay two stray type on student learning outcomes on the thematic of class IV SD Negeri 5 Metro Pusat. The type of this research is experimental research with non-design group design. The population in this research is the students of 52 people, the sample consists purposive sampling of 26 class students. Technique of collecting data which is done with with technique of test and technical of data analysis in the form of quantitative. Data analysis using independent sample t-test and Microsoft  office eaxcel 2007 and manual. The result of hypothesis test shows that there is influence on the application of cooerative learning model of two stay two stray type to the students' learning.

Tujuan  penelitian ini  adalah untuk  mengetahui  pengaruh  yang  signifikan dan positif pada model cooperative learning tipe two stay two sray terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non  equivalent  grup  design. Populasi penelitian ini adalah sejumlah 52 orang, sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 26 orang siswa. Alat pengumpulan data dengan lembar observasi dan instrumen tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes dan teknis analisis data berupa kuantitatif.  Analisis uji hipotesis data menggunakan rumus independent sample t-test dengan bantuan program Microsoft office excel 2007. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray terhadap hasil belajar.

Kata kunci: two stay two stray, hasil belajar, tematik

References

Anam, mustofa 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TSTS (Two Stay TwokStray)kterhadapkHasil Be-lajar Mata Pelajaran IPS Pada Materi Sejarah Siswa Kelas X SMK NU 01 Kendal. http://ejournal.ac.id/index.php/ipsfkip/article/view/263.mDiakses pada 7 November 2016. Pukul 15.03 WIB.

Ahmad. (2013) Pengaruh Matematika BelajarkDengankModelkTwokStay TwokStraymPada siswa Sekolah Menengah Islam Semarang. http://eprints.upgrismg.ac.id/251. Diakses pada hari Jumat tanggal 19 Mei 2017, pukul 19.15 WIB.

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan KelasmuntukmSD,mSLB,mTK. Bandung. Yrama Widya.

Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain kreatif Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media. Yogjakarta.

Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statiska Penelitian Pendidikan.

Yogyakarta. Parama Publising.

Hendrawan, Komang. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipemTwomStaymTwomStray terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaranm2016/2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/11014/7065. Diakses pada 4 November 2017. Pukul 15.47 WIB.

Huda,mMiftahul.m2014.mCooperative Learning:mMetode,mTeknik,Strukturdan Model Penerapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kusaeri.k2014.kAcuankdankTeknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz media. Yogyakarta.

Kemendikbud. 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.

Neg Zeng. 2016. The Effect of two stay two stray on Motor Fitness in Chinese College result learning oftheStudents. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt. Diakses pada hari Senin 19 Desember 2016 pukul 15.30 WIB.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Murniati, Yusi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Tamrin Yahya. Rambah Hilir. http://ejournal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/263. Diakses pada 7 November 2016. Pukul 15.47 WIB.

Siti. 2013 Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar IPS kelas X SMA N 1 Kota Agung. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/1717. Diakses pada Jumat. Tanggal 19 Mei 2017, pukul 19.00 WIB.

Sugiyono. 2016. Metode dan Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitaif, kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadia Media.

Purwanto, 2014. Evaluasi Hasilmdan Penilaian Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Zong Xue, 2013. Sosiol movement and future prospects of national two staytwostray http://en.cnki.com. cn/Article_en/CJFDTotalSYTB200706041.htm. Diakses pada hari Jumat tanggal 19 Mei 2017, pukul 18.30 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.