Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Terpadu

Erlinda Maharani, Rochmiyati Rochmiyati, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem of this study is the low learning outcomes of learners on integrated learning. This study aims to determine the effect of concrete media on learning outcomes of learners. The method used in this research is quasi exsperiment method. The research design used in this research is nonequivalent control group design, so there are experimental class and control class. The Instruments used are the test of learning result and observation sheet of learners activity by using concrete media. Data analysis used simple regression linear test and t-test. Based on he result of the research linear regression test, it can be  concluded thet concrete media have an effect on the result of learning on integrated learning. Based on the result of the research t-test there is difference of improvement of learning result of learners in integrated learning using concrete media compared with not using concrete media.

 

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media konkret terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  quasi  experiment. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design, sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik dengan menggunakan media konkret. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, uji regresi linier diperoleh kesimpulan bahwa media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran terpadu dan hasil analis uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu menggunakan media konkret dibandingkan dengan tidak menggunakan media konkret.

 

Kata kunci: hasil belajar, media konkret, pembelajaran terpadu.

References

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. PT Raja: Jakarta. Grafindo Persada.

Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran:Banjarmasin. Antasari Press

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.: Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sumantri, Mulyani dan Permana, Johar. 2004. Strategi Belajar Mengajar: Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika.: Bandung. Alfabet.

Suryani, N & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar: Yogyakarta. Penerit Ombak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.