Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik

Daffanny Aida Silvani, Maman Surahman, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem in the research was the low of process and the result of study of student of class V SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung. This study aims to determine the influence and differences in the implementation of cooperative model of Student Teams Achievement Divisions type to the results of integrated thematic learning of grade V SDN 3 Sawah Lama Bandar Lampung. The method of this research is experimental research using the design of quasi-experiment method of non-equivalent control group design. The results of this study obtained the conclusion that there is influence and differences in the implementation of cooperative model type Student Teams Achievement Divisions to the students result of tematics learning at the 5th grade SDN 3 Sawah Lama Bandar Lampung academic year 2017/2018.

Masalah dalam penelitian merupakan rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh dan perbedaan penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar tematik terpadu siswa kelas V SDN 3 Sawah Lama Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan quasi-experimen metode non-equivalent control group design. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh dan perbedaan penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar tematik terpadu siswa kelas V SDN 3 Sawah Lama Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, student teams achievement divisions, hasil belajar tematik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

________________.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implemintasi Kurikulum, Depdiknas: Jakarta.

________. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013, Depdiknas: Jakarta.

Dwi Nugroho. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Karang Duren. UNY: Yogyakarta

Margono. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Narzoles, Gromo. 2015. Student Team Achievement Division (STAD):Its Effect on The Academic Performance of EFL Learners. American Research Journal of English and Literature. Vol.1 No.4. International University Bahrain: Bahrain.

Nikmah, Hidaya. 2013. Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. E-Journal UM. Vol 2, No.1. Universitas Negeri Malang: Malang.

Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara: Jakarta.

Sugandi. 2010. Teori Pembelajaran. Remaja. Rosda karya: Bandung.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia. Group: Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.