Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 6 Merak Batin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 50 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sample. Alat pengumpul data menggunakan angket dan tes kognitif. Analisis data uji statistik independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci: hasil belajar , IPS, TSTS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anam. 2014. Pengaruh Model Pem-belajaran TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Ma-teri Sejarah Siswa Kelas X SMK NU 01. Kendal. http:// lib.unnes.ac.id/20909/1/3101411118-S.pdf. Diakses pada 4 November 2017. Pukul 15.03 WIB.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satu-an Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta. BNSP.
Diningsih, Fitri Martias. 2017. Pe-ngaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur Tahun Pelajar-an 2016/2017. Metro. http:// digilib.unila.ac.id/26563
/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. Lam-pung. Diakses pada 16 Desem-ber 2017. Pukul 16.00 WIB.
Fadillah. 2014. Implementasi Kuriku-lum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Hendrawan, Komang. 2017. Penga-ruh Model Pembelajaran Koo-peratif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di SD Gu-gus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Buleleng. https://ejournal.un-diksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/11014/7065. Diakses pada 4 November 2017. Pukul 15.47 WIB.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerap-an. Yogyakarta. Pustaka Pela-jar.
Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembela-jaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung. PT Refika Aditama.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabe-ta.
Trianto. 2009. Pengembangan Model Tematik Pembelajaran Tema-tik. Jakarta. PT Prestasi Pusta-karya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.