Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV
Abstract
The problem of this research was the students result of mathematics learning was still low. This study aims to find out the effect of Discovery Learning model implementation to the students result of mathematics learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The principal instrument that used by researcher are test and sheet of observation. The result shows there is a significant effect of the Discovery Learning model implementation to the students result of mathematics learning at the fourth grade students of SDN 2Kampung Baru Bandarlampung academic year 2017/2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika siswa di SDN 2 Kampung Baru. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Intrumen utama yang digunakan peneliti adalah tes dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Kampung Baru Bandarlampung tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, pembelajaran matematika.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, I.M., Riswandi, R., & Sabdaningtyas, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal Pedagogi. 3 (7): 3-15.
Arinawati, E,. Slamet, St.Y., & Chumdari, C. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan. 2 (8): 1-8.
Ertikanto, C., Rosidin, U., Distrik, I. W., Yuberti, Y., & Rahayu, T. 2018. Comparison of Mathematical Representation Skill and Science Learning Result in Classes with Problem-Based and Discovery Learning Model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 7 (1): 106-113.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir , S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika. 3(1): 47-54.
Hafiz, M. & Dahlan, J. A. 2017. Comparison of Mathematical Resilience among Students with Problem Based Learning and Guided Discovery Learning Model. Journal of Physics Conference Series. 895(1): 1-6.
Hasugian, H., Tampubolon, B., & Margiati,K. Y. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Metode Discovery Learning Pada Anak Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 02 Sejaruk Param. Jurnal Penelitian. 2(9): 1-14.
Jurotun. 2015. Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik melalui Disco Lemper Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Kreano. 6(1): 1-6.
Kadri, M.,& Rahmawati, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan. 1 (1): 29-31.
Kristin, F.,& Rahayu, D. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria. 6(1): 84-92.
Lestari, Dewi. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako. 3 (2): 129-141.
Mahendra, I Wayan Eka. 2017. Project Based Learning Bermuatan Etno Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6 (1): 106-114.
Nurngaeni, S., Sardjiman, P., & Murti, R. C. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja Purbalingga. Jurnal Pendidikan. 2 (9): 1-8
Prastianto, D., Rochmiyati, R., & Wahab, N. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Pembelajaran Terpadu Kelas IV. Jurnal Pedagogi. 3 (7): 3-13.
Putrayasa, I.M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1): 1-11.
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 371-380.
Samsuryati, S., Rosidin, U., & Ertikanto, C. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Sains Melalui Penilaian Otentik Antara Model Discovery dengan Inquiry. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3(2): 63-74.
Siregar, N., Armanto, D., & Saragih, S. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pengetahuan Prosedural Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma. 5(2): 137-150
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Supriyanto, Bambang. 2014. Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pancaran. 2(3): 165-174.
Susilawati, S., Sukmawati, S., & Djuzairoh, S. 2013. Pengaruh Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian. 2 (2): 3-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.