COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA GRAFIS MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR PKn
Abstract
This research is conducted by using Classroom Action Research method which includes 3 cycles. Every cycle consists of four steps namely planning, action, observing, and reflection. The data are collected by the observation test as the instrument in every cycle. The data are analyzed by qualitative and quantitative data analysis.In line with the data analysis, it shows that the use of cooperative learning type numbered heads together (NHT) model by graphic media in learning Civics at the fifth B grade of State Elementary School 5 Metro Barat can improve the students’ learning activities and results.
Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dengan media grafis pada pembelajaran PKn kelas V B SD Negeri 5 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: cooperative, learning, NHT, hasil, PKn
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angkowo & Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. PT. Grafindo. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Arini, Yusti. 2009 . Model Pembelajaran Kooperatif. http://yustiarini.blogspot.com/2009/08/model-pembelajaran-kooperatif.html. Diakses 2/11/2012. Pukul 20.00 WIB.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Hamdan. 2012. Pengertian Numbered Heads Together. http://iniwebhamdan.wordpress.com/2012/05/10/pengertian-numbered-head-together-nht/. Diakses tgl 1/2/2013. Pukul 10.30 WIB.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Penerapan. Pustaka pelajar. Yogyakarta.
Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi. PT Rajawali Pers. Jakarta.
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Depdiknas. Jakarta.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Professional Guru. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Solihatin, Etin & Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara. Jakarta.
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika. Jakarta.
Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.