Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Nht Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik

Ravel Ravel, Riswanti Rini, Darsono Darsono

Abstract

The problem in this research is the students' learning achievement is still low. The purpose of this study is to determine the effect of using NHT learning model on student achievement on thematic learning of grade V SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung. The population in this study is all students of class V which amounted to 41 students. The sample of this research is VA class as experiment class class and VB as control class. This research method using quantitative method, with research type quasi experiment. The result of data analysis can be concluded that there is influence of application of Numbered Head Together model to learning achievement on thematic learning in class V SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa masih rendah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran NHT terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 41 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kelas ekperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi ekperimen. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Numbered Head Together terhadap prestasi belajar pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung.

Kata Kunci : NHT, Prestasi Belajar Siswa, dan Pembelajaran Tematik

References

Ahmadi, Abu dan Widodo, Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta

Akinbobola. 2006. Effects of cooperative and competitive learning strategies on academic performance of students in Physics, J.Research in Education., 3(1), pp:1-5.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sukandi, Ujang. (2003). Belajar Aktif dan Terpadu: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Surabaya. Duta Graha Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.