Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa kelas V Melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament
Abstract
This research was motivated by the student low learning result on Social Science subject IPS of SD Negeri 3 Braja Sakti showed from 21 students, there are 11 students (52,38%) have not reached KKM that is 67. This research aims to improve student learning outcomes on IPS subjects by applying cooperative learning model of Team Game Tournament (TGT) type. The procedure was implemented 2 cycles, each cycle consists of planning, acting, observing, reflecting. The collected data was then analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results showed that there was an increase in student learning outcomes after applying cooperative learning model of Team Game Tournament type. The value of student learning outcomes in the first cycle is 69.90 and increased by 4.38 to 74.28 in cycle II. Percentage in cycle I 61,90% (good enough category) and increased to 80,95% (very good category) in cycle II.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SD Negeri 3 Braja Sakti yang menunjukkan dari 21 siswa, terdapat 11 siswa (52,38%) belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 67. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe TGT. Prosedur dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah menerapkan model cooperative learning tipe TGT. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69,90 dan meningkat sebesar 4,38 menjadi 74,28 pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I 61,90% (kategori cukup baik) dan meningkat menjadi 80,95% (kategori sangat baik) pada siklus II.
Kata kunci: Cooperative learning, hasil belajar, TGT.
References
Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. BSNP Depdiknas.
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Rajawali Pres.
________. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
Siswoyo,dkk. 2008. Pengertian pendidikan. Yogyakarta. UNY PRESS.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Fungsi Pendidikan Nasional.
Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.