Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas IV SD

Indra Arif Nugraha, Maman Surahman, Arwin Achmad

Abstract

The problem of this study is the low motivation of student learning on the subject of social studies because students have not had the drive and the need in learning, the lack of desire and desire to succeed. This study aims to determine the relationship between learning motivation and IPS learning outcomes. The sampling used is purposive sampling technique. The population consists of 60 students. The results obtained value with correlation coefficient of 0.474 which means the correlation is positive. Results of serial correlation of the questionnaire obtained Coefficient Value of 0.801

Masalah penelitian ini adalah Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang disebabkan siswa belum memiliki dorongan dan kebutuhan dalam belajar, kurangnya hasrat dan keinginan untuk berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS. Pengambilan yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Populasi dengan jumlah 60 siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai dengan koefisien korelasi sebesar 0,474 yang berarti korelasi tersebut positif. Hasil korelasi serial dari kuesioner diperoleh Nilai Koefisien sebesar 0,801

Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, dan IPS.


References

Arikunto, Suharismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara.

Koeswanti, Heny D. 2013. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kranggan Temanggung. Skripsi: Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi: Jakarta. Depdiknas.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sapriya. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Pers. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Jakarta. Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya: Jakarta. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D: Bandung. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta. Depdiknas.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Jakarta. Bumi Aksara Wijaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.