Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar

Inayatu Mubarokah, Een Y. Haenilah, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of students on learning. This study aims to determine the effect of applying learning Discovery Learning on student learning outcomes on learning. This research method is experimental research using nonequivalent control group design. With Design Nonequivalent Control Group Design. Sampling technique in this research using purposive sampling technique. Research instrument using test instrument. This method looks at the effect of giving a treatment on object and see the effect of the treatment. Data were analyzed by using simple regression and t-test formula. The result of research shows that there is a significant influence in the application of learning model of Discovery Learning to the learning result and there are differences before and after applying the learning model of Discovery Learning to the learning outcomes in grade V students.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design. Dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian menggunakan instrument tes. Metode ini melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan pada suatu objek serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Data di analisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan t-test. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learningterhadap hasil belajar serta terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada siswa.

Kata kunci: hasil belajar, discovery learning, tematik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Arikunto, suharsini. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Margono. 2010. MetodePenelitianPendidikan.Bandung. PT. Remaja

Rosdakarya.

Ridwan. 2012. Dasar-dasar Statistika. Bandung. Alfabeta.

Sardiman, A.M. 2012. InteraksidanMotivasiBelajarMengajar. Rajawali Press: Jakarta

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Suigiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sugiono. 2014.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sugiojno. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Suprijono. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Gramedia Pustaka Jaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.