Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA

Winda Meidhita Gamiarsy, Riswanti Rini, Erni Mustakim

Abstract

The problem in this research is fifth grade student of SD Negeri 1 Sri Pendowos low outcome in science subject learning. The purpose of this study is to determine the influence of picture and picture learning models co-operative type implementation with the science subjectlearning outcomes. The research method which is applied in this study is experimental research along with nonequivalent control group design which is a form of quasi experimental research method. The population consists of 50 students. The data analysis technique is using t test. The result of t test is tcount 4,996 and ttable 2,011. This indicates that tcount> ttable, so H0 is rejected and Hais accepted.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sri Pendowo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran koopertif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group desain yang merupakan bentuk metode penelitian eksperimen semu. Populasi dengan jumlah 50 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian data uji t yaitu thitung sebesar 4,996 dan ttabel 2,011. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: hasil belajar, model kooperatif, picture and picture.

References

Abdullah, Abu Muhammad Ibnu. 2008. Hasil dan Prestasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Suprijono, Agus 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winkel. 2007. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.