Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika

Rizki Novita Putri Ayudya, Fitria Akhyar, M. Coesamin

Abstract

The purpose of this research is to know the Influence Of Learning Model Based On The Problem Of Learning Mathematics In Students Iv In SD Negeri 3 Pasuruan Penengahan Regency Of South Lampung District. The type of research used is Quasi Experiments (quasi experiment). Population in this study fourth graders in SD Negeri 3 Pasuruan Penengah District South Lampung District School Year 2016/2017 that is as much as 38 students. Results The use of problem-based learning models contributes significantly to student learning outcomes in mathematics subjects. The result of the research is the result of student learning after given the problem based learning model is higher than before given the Problem Based Learning Model. Influence Of Learning Model Based On The Problem Of Learning Mathematics In Students Iv In SD Negeri 3 Pasuruan Penengahan Regency Of South Lampung

Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV di SD Negeri 3 Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu sebanyak 38 orang siswa. Hasil Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah memberikan sumbangan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan Tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci : Pengaruh,Pembelajaran Berbasis masalah,Hasil Belajar.

References

Arikunto, Suharsimi, 2010. Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta Rineka Cipta

Elizabert dkk. 2012. Collaborative Learning Teachnique. Bandung. Nusa Media

Fathani. Abdul Halim 2009. Matematika Hakikat & Logika. Jakarta. Ar-ruzz

Muhibbin Syah 2009 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung. PT Remaja Rosda Karya

Thobroni Muhammad & Arif Mustofa. 2011. Belajar Dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta. Ar Ruz Media.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Bandung. PT Raja Grafindo Pustaka

Sugiyono,2011. Penelitian kualitatif dan kuantitatif H&D. Bandung. Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tentang pendidikan

Zainal. Aqib, 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung. Yrama Widya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.