Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V

Rio Dedi Allantara, Darsono Darsono, Nazaruddin Wahab

Abstract

Problems in this research were there are still low interest in learning and low mathematics learning achievement of grade 5 students of SD Negeri 5 Talang because low of attention and interest. The purpose of this research was to find out whether or not there is a positive and significant relationship between the interest of learning with the achievement. Population in this research was all student which amounted to 46 students, with sample counted to 35 students. The data obtained in this study were the value of UAS in odd Semester and final score of the research questionnaire. The sampling technique used was simple random sampling. Data collection was using questionnaire then data analysis technique used was product moment pearson correlation formula. The calculation results showed that the correlation coefficient is 0.416 thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the interest of learning with the achievement of learning mathematics.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar serta prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Talang karena kurangnya perhatian dan ketertarikan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signigikan antar minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 46 siswa, dengan sampel sebanyak 35 siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah nilai UAS Semester ganjil dan skor akhir angket penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner / angket kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi product moment pearson. Hasil perhitungan menunjukan koefisiens korelasi sebesar 0,416 dengan demikian dapat disimpul kan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika.

Kata kunci: minat belajar, prestasi, pembelajaran matematika.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Khodijah, Nyayu. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurvembrianti, Ismaulidya. 2015. Hubungan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa D IV Bidan Pendidik Jalur Regular di STIKES'Aisyiyah Yogyakarta. Doctoral dissertation, Yogyakarta: STIKES' Aisyiyah.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.