Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Agus Tri Wibowo, Sarengat Sarengat, Nelly Astuti

Abstract

The purpose of this study to determine the effect of the use of visual learning kinestehtic auditory model of mathematics learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 04 Metro Barat in the academic year 2016/2017. The kind of researchthis wasresearch experimental. The design used in this research is quasi experimen. Determination of sample research using purposive sampling with class IV A experimental group and class IV B control group with total number of 41 students. Data collection techniques are test and tools use questionnaire. The data were analyzed using independent statistical test of t-test sample and simple linear regression analysis. The learning outcomes in this study were limited only to the cognitive domain. The result of the research shows that there are significant and positive influence on the use of visual kinesthetic auditory learning model to the students' mathematics learning outcomes.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran visual auditory kinestehtic terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 04 Metro Barat tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperimental. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan kelas IV A kelompok eksperimen dan kelas IV B kelompok kontrol dengan jumlah seluruh 41 siswa. Alat pengumpul data menggunakan angket dan tes kognitif. Analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test dan analisis regresi linier sederhana. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penggunaan model pembelajaran visual auditory kinesthetic terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: hasil belajar, matematika, model pembelajaran visual auditory kinesthetic.

References

Apriyani. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Pringsewu Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: UNY.

Gilakjani, Abbas Pourhossein. 2012. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles And Their Impacts On English Language Teaching. Journal Of Studies In Education, Vol. 2 (1), P 1-10.

Karsidi. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dan MI. Solo: Tiga Serangkai.

Listari, Reni Dwi. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran VAK terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 2 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rambe, Halimatun Husna. 2014. Pengaruh Menggunakan Visual, Auditory, Kinesthetic (Vak) Model Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Sumatra Utara: Universitas Medan.

Rusman.2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Russel, Lou. 2011. The Accelerated Learning Fieldbook: Bandung: Nusa Media.

Sanjaya. 2014. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharjono. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Remaja Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.