Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV

Anggi Dwi Septiani, Een Yayah Haenilah, Maman Surahman

Abstract

The problems of this study were (1) the students' learning achievement was low; (2) the students' learning environment was not good. The aim of this study was to find out the positive correlation between the school environmental study and the students' learning achievement. Research method used in this study was quantitative research design and research type used was correlation. Questionnaire used in collecting the data. The result of this research showed that there was a positive correlation between students' reading interest and students' learning achievement with rcounted was 0.6665 greater than rtable 0.297

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang rendah dan lingkungan belajar siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif antara lingkungan belajar sekolah dengan prestasi belajar. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah korelasi dan dengan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar dengan rhitung sebesar 0,6665 lebih besar daripada rtabel yaitu sebesar 0,297.

Kata kunci: lingkungan belajar sekolah, prestasi belajar, tematik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta.

Hasbullah. 2005.Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Slamento. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.