HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS

Anggi Rizka Romadona, Herpratiwi Herpratiwi, Erni Mustakim

Abstract

The problem investigated in this research were the lack of learning achievement and motivation. The aim of this research was to find out whether there was a correlation between the learning motivation and the student learning achievement of Social Science subject. This research used correlating-descriptive method. Data collecting techniques used documentation and questionnaire. Data analyzing technique in this research was product moment. The result showed that there was a significant and positive correlation between the learning motivation and the studen learning achievement of Social Science subject with the low strength of correlational coefficient category.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan kurangnya motivasi belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian menggunakan deskriptif korelasional. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS yang memiliki koefisiens korelasional kategori keeratan rendah.

Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial

References

Asrori, Muhammad. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Wacana Prima.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, Rita. 2010. dalam skripsinya yang berjudul Hubungan Motivasi Belajar terhadap Presentasi Belajar Geografi Siswa Kelas X dan XI Ips SMAN 1 Minggir Slemat Tahun Ajaran 2009/2010. Tidak diterbitkan. Minggir Slamet.

Kusumastuti, Ardhiyanti. 2016. dalam skripsi yang berjudul Hubungan gaya Belajar Siswa terhadap Motivasi Belajar dengan Kesulitan Belajar Siswa ada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 3 Kasihan Tahun Ajaran 2015/2016. Tidak diterbitkan. Kasihan.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian pendidikan. Jakarta: Rinek Cipta.

Nugroho, Widhi Bimo. 2016. dalam skripsinya yang berjudul Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif dan Tanggung Jawab Belajar Siswa kelas IV Se-gugur Cempaka Kecamatan Kebonarun Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Tidak diterbitkan. Klaten.

Partono, Sukardi, Wiji Astuti. 2012. dalam skripsinya yang berjudul Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pemebaljaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kedal. Tidak diterbitkan. Kedal.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.

Tim, Penyusun. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakart: Depdiknas RI.

Wahyuni, Iqlima. 2011. dalam skripsinya yang berjudul Hubungan Motivasi Guru dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Iv SD Negeri 1 karangrejo Kecamatan Kerjo Karanganyar tahun Pelajaran 2010/2011. Tidak diterbitkan. Kerjo Karanganyar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.