Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS

Ayu Pratiwi Kusuma Wardhani, Darsono Darsono, Cut Rohani

Abstract

Problem in this research was the lack of IPS learning outcome in grade V Elementary School Berundung South Lampung. This research aims to know the influence of usage cooperative learning model talking stick type towards IPS learning outcomes. Thisresearch was experimental research with nonequivalent control group desain which was quasi experimental research method. The sampling technique used purposive sampling with total samples were 26 students. The data collection technique used test. The data analysis technique used polled varians t test. The results of data analysis was tcount> ttable, that H0 rejected and Ha accepted which means there is an influence of usage cooperative learning model of talking sticks type towards IPS.

Masalah dalam penelitian ini masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Berundung Lampung Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe talking stickterhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group desainyang merupakan bentuk metode penelitian eksperimen semu.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 26 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t polled varians. Hasil analisis data yaitu thitung >ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS.

Kata kunci: hasil belajar IPS, model cooperative learning, talking stick.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Pradnyani, Ni. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Sesatan Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian (Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Mulyani dan Johar, Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Suprijono, 2012. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.