Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Luvirta Tiyas Mawarni, Sulistiasih Sulistiasih, Sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of this research is to find significant influence on the mind mapping method towards mathematic study result IV grade student of SD Negeri I Tambah Dadi. The kind of research this is research experiment. Population of this research is all IV grade student of SD Negeri 1 Tambah Dadi. Sample of this research are IVB grade of 20 students and IVA 20 students. Design research used non-equivalent control group design. Technique the data collection was done to technique test. Analysis data using independent sample t test with the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The result of the testing of hypotheses shows that there are influence mind mapping method towards mathematic study result IV grade student of SD Negeri 1 Tambah Dadi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri I Tambah Dadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi. Sampel penelitian kelas IVB berjumlah 20 siswa dan kelas IVA 20 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan independent samplet-test dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi.

Kata kunci: mind mapping, hasil belajar, matematika

References

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak Pintar di Sekolah. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Muhammad Ali. 2013 Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. Paranama Publishing.

Karsidi. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dan MI. Solo. Tiga Serangkai.

Mufida, Siti Iva. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tulung agung. Surabaya. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung.

Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Olivia, Femi. 2014. 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Rumanti, Nur Dani. 2014. Pengaruh Penerapan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV SD Gugus Hasanuddin Kecamatan

Mertoyudan Kabupaten Magelang. Yogyakarta.UNY.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta. Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem

Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.

Alfabeta.

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.