Penerapan Model Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika

Defita Purba Sari, Sowiyah Sowiyah, Siswantoro Siswantoro

Abstract

Purpose of the research is to know increasing activity and study result mathematic of fifth grader student in SD Negeri Karang Sari by implement cooperative learning model tipe rotating trio exchange using. Type of the research method is class activity research with stage in every cycle is planning, implementation, observing and reflection. Tool used to collect the data is observation page and test questioner, data analysis technique use to analyze the data is qualitative and quantitative. Research result show that implementation of rotating trio exchangein cooperative learning model can increase activity and study result of student mathematic.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas lima di SD Negeri Karang Sari dengan menerapkan model cooperative learning tipe rotating trio exchange. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe rotating trio exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: rotating trio exchange, aktivitas, hasil belajar

References

Arikunto, S. dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.Kemendikbud.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2016. Cooperative Learning. Bandung.Alfabeta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung.Refika Aditama.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi.Jakarta.Raja Grafindo Persada.

Naga, Meiristy Tia. 2013. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VA SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Bandar Lampung.Universitas Lampung.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran mengembang-kan Profesionalisme Guru. Jakarta.Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta. Fajar Interpratama Mandiri.

Silberman, Melvin. 2009. Active Learning 101 Startegi Pembelajaran.Yogyakarta.Yappendis.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta.Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.