Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA

Luiki Prianti A.S., Muncarno Muncarno, Rapani Rapani

Abstract

The purpose of this research was to find positive influence and significant on the discovery learning models towards science study result IV grade student of SD Negeri 9 Metro Barat. The kind of this research was research experiment. Design research used non equivalent control group design. Technique the data collection used technique test. Analysis data using Chi-Square, Test-F and t-test pooled varians. The result of the testing of hypotheses showed that there were positive influence and significant at discovery learning models towards science study result IV grade student of SD Negeri 9 Metro Barat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan Chi-Kuadrat, Uji F dan t-test pooled varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dan positif model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Barat.

Kata kunci: model discovery learning, hasil belajar

References

Astuti, Febri Dani. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Kelas IV MIN Yogyakarta I.http://digilib.uin-suka.ac.id/16469/2/11481011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf. Diakses 15 Desember 2015 Pukul 19.48 WIB.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta. Kata Pena.

Nugroho, Anggit Bagus. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Discovery Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN Condongcatur Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/15463/1/SKRIPSI%20ANGGIT%20BAGUS%20NUGROHO-NIM%2009108247022.pdf. Diakses 16 ?September ?2016 Pukul 19.46 WIB.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. KENCANA.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Wisudawati, Asih Widi & Sulistyowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.