Pengaruh STAD terhadap Hasil Belajar Matematika

Ni Made Sukerti Sari, Suwarjo Suwarjo, Darsono Darsono

Abstract

The background of this research is by the low result of learning Mathematics. Research objectives is to find the influence of learning model cooperative type stad of the results of learn math .A kind of research methodology is research experiment shaped quasi experimental design to the experiment non equivalent group design .The data collection was done by using about pretest and posttest. The data analysis using studentt (t-test) with the program microsoft office excel 2013. The research results show that learning model cooperative type stad can affect study results mathematics .

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Matematika. Jenis metode penelitian adalah penelitian eksperimen berbentuk quasi eksperimental design dengan rancangan eksperimen non equivalent group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Studentt t (t-test) dengan program microsoft office excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mempengaruhi hasil belajar Matematika.


Kata kunci: STAD, hasil belajar, matematika.


References

BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Standar Isi Kurikulum KTSP 2006. Jakarta. Depdiknas.

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Mencrdaskan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Fathhuruohman. 2015. M0del-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

______. 2014. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2014. Undang-undang Sistem Pendidikan Jakarta: Nasional. Sinar Grafika.

_____. 2005. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

_____. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Pasal 2 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar. Jakarta. Depdiknas.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, A, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.