HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Winda Fadila, Sultan Djasmi, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem of this research is the problem of this research is the low of study outcomes and independent study of V grade students. The purpose of this reaserch is to analyze the relationship between independent study with student social learning outcomes. This research uses quantitative method and correlation research design. The population of this researsh all student in the V. The data collection techniqe uses questionnaire and test. The estimation output using product moment correlation output is resulted T-aquared 0,5382 that means there is positive correlation. Coefficient determination percentage is 28,966% that means Independent Study give contribution Social Learning Outcomesis 28,966% to the result of social study and 71,034% is affected by another factors.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas v. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 54 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,5382 yang berarti korelasi tersebut positif. Persentase Koefisien Determinasi menunjukkan hasil 28,966% yang berarti kemandirian belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar IPS 28,966% yang sisanya dipengaruhi faktor lain sebesar 71,034%.


Kata kunci:hasil belajar, IPS, dan kemandirian belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Edisi VI. Jakarta: Rineka Cipta. 270

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia. 142

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 3

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 8-9

Suryadi, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. 1.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.