HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

Irma Ade Surya, Maman Surahman, Sugiman Sugiman

Abstract

Problem in this research are the lack of the use of the pictures media so the learning achievement of IPSs student are low.This research aims to know the relationship between the use of the pictures media and learning achievement of IPSs students class IV SD Negeri 3 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Product moment correlation result from questionnaire retrieved value of coeficient 0,592 with coefficient percentage determination show result 35,1%. While test data obtained test result (UAS) all those valid with 25 multiple choice questions, there are 7 questions with level of (hard), 16 (enough), and 2 questions (easy). Research result obtain value rcount correlation coefficient 0,775 it means the correlation is positive. The percentage coefficient of determination show results correlation is positive, while it can conclude that there are enough strong relationship between the use of the picture media and learning achievement IPSs students.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya penggunaan media gambar sehingga prestasi belajar IPS siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media gambar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Hasil korelasi product moment dari kuesioner diperoleh Nilai koefesien sebesar 0,592 dengan persentase koefesien determinasi menunjukkan hasil 35,1%. Sedangkan hasil tes diperoleh hasil (UAS) semuanya valid dengan 25 soal pilihan jamak, terdapat 7 soal dengan tingkat kesukaran (sukar), 16 (cukup/sedang), dan 2 soal (mudah). Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,775 yang berarti korelasi tersebut positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat (antara penggunaan media gambar dengan prestasi belajar IPS siswa.

Kata kunci : media gambar, prestasi belajar, dan IPS.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. PT. Rineka Cipta: Jakarta. 112-120.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta. 90-98.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Depdiknas: Jakarta. 5-7.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain. 2006. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta. 111-123.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan: Prenada Media: Jakarta. 146-150.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung. 86-90.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Gramedia: Jakarta. 125-134.

UDD RI. Tahun 1945 Pembukaan Alinea ke empat Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta. 3-4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.