Pengaruh Penerapan Model PembelajaranStudent Teams AchievementDivision (Stad) Dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa

Devilia Sistantri Wijaya, Lilik Sabdaningtyas

Abstract

The problem in this research is the low achievement of students in social studies class V SD Negeri 1 Rajabasa. The method used in this research is the method (quasi experiment). Sampling techniques in this study using purposive sampling technique. Mechanical Analysis of the data using the t test. The results of data analysis research concluded that there are significant usage models Student Teams Achievement Division (STAD) and the lecture method to increase learning achievement in social studies class. This is indicated by the average value of student achievement the following study uses a model IPS Student Teams Achievement Division (STAD) the experimental class is higher than the average value of student achievement that followed the lecture teaching methods in the control class

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar IPS siswa di kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode (quasi experiment) Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik Teknik Analisis data menggunakan uji t. Analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode ceramah terhadap peningkatan prestasi belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol.

Kata Kunci: Model Student Teams Achievement Division (STAD), metode ceramah, prestasi belajar

References

Al-Thabany Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group. Jakarta.

Sapriya dkk 2006 Pembelajaran Dan Evaluasi Hasil Belajar IPS UPI Press Bandung

Rahayu. 2003. Konsep Strategi Pembelajaran.Refika Aditama. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.8 Juli 2013.Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301 Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.