PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Friezsya Puti Chandramica, Maman Surahman, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem in this research were the low of social studies learning result and the lack of learning model of the fourth grade students. This research aimed to determine the effect of mind mapping learning model of social studies learning result. This study was a quasi-experimental design with pre-test post-test control group design. Research subjects were 50 students divided into two classes. IVA as control class and IVB as a experiment class. The main instrument used was a test. Data were analyzed using Dependent Sample Test at 5% significance level (sig = 0.05). The calculations show t value of 5.765 with a significance level of less than 0.05 is 0.000. Based on these results, it can be concluded that mind mapping learning model affect the social studies learning result in the fourth grade students of SD Negeri 2 Gunung Terang Bandarlampung 2016/2017 school year.

Masalah penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang masih rendah dan kurangnya penerapan variasi model pembelajaran pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Subjek penelitian sebanyak 50 siswa yang terbagi atas dua kelas. IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan Dependent Sample Test pada taraf signifikansi 5% (sig = 0,05). Hasil perhitungan menunjukkan nilai t sebesar 5,765 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: hasil belajar IPS, mind mapping, pengaruh

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Buzan, Tony. 2013.Buku Pintar Mind Mapping. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Alfabeta: Bandung.

Dharma, Kelana Kusuma. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Trans Info Media: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Alfabeta: Bandung.

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Hastono, Sutanto Priyo. 2007. Analisis Data Kesehatan. Universitas Indonesia: Depok.

Hidayati. 2008. Pengembangan IPS SD. Direktorat. Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Jihad, Asep. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo: Yogyakarta.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi.

Riduwan. 2010. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media: Yogyakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Sriyanti, Lilik. 2013. Psikologi Belajar. Ombak: Yogyakarta.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo: Bandung.

____________. 2005. Metode Statistika. PT. Tarsito: Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

________. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Rajawali Press: Jakarta.

________________. 2012. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group: Jakarta.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara: Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta.

Wahab, Abdul Azis. 2012. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Alfabeta: Bandung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.