PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PQR4 PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI PUGUNGRAHARJO

Rosalia Rusmini, Alben Ambarita, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this study is to produce and test the effectiveness of development LKS based PQR4 methods to improve student learning outcomes for social studies lesson in class V SD Negeri Pugungraharjo. The method used is the method of research and development by using design of experiments One Group Pre Test - Post Test Design. The data collection technique using the technique of tests and questionnaires. Samples were students in grade V. Hypothesis testing using the Mann Whitney U test, because the learning outcomes data come from populations not normally distributed. The study found worksheets that are developed according to the needs of students and the development of analytical results based PQR4 LKS effectively improve student learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS dan menguji efektivitas pengembangan LKS berbasis PQR4 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Pugungraharjo. Metode yang digunakan adalah metode research and development dengan menggunakan desain eksperimen One Group Pre Test Post Test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Sampel penelitian adalah siswa kelas V. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U, karena data hasil belajar berasal dari populasi tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menemukan LKS yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan hasil analisis pengembangan LKS berbasis PQR4 efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: LKS, PQR4, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Irianti, G.P. (2010). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Melalui Penerapan Strategi PQR4 di Kelas IV SD Negeri Buntu 02 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Tesis. Purwokerto: Universitas Terbuka.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Siregar, Eveline. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rathod, Mina H. 2015. Tryoutand Impact Of PQR4 Method & Traditional Method Of Repetition On Unit Achievement And Its Retention By Students Of Standard Ix In Social Science Subject. International Multidisciplinary Research Journal. Golden Research Thoughts. Volume-4 | Issue-8 | Feb-2015.

Sugiyono. 2008. Model penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (8thed). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Katalog Dalam Terbitan. Jakarta.

Umiarso dan Gojali, Imam. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSOD.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.