PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS

Faradilla Abrina Putri, Nelly Astuti, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The purpose of this research is to increase the activities and the result of student study by implementing cooperative learning group investigation type. This type of research is a classroom action research consists of two cycles. The data collected by observation and test, the instrument by using observation sheets and test questions. Data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. The results showed that the model of cooperative learning group investigation type can enhance the activities and the result of student study.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe group investigation. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes yang menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, group investigation.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Bandung: Bumi Aksara.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Sadiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susilawati & Ita Rustati. 2013. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press.

UU No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardani, Igak. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.