PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING

Deni Wahyu Prasetio, Sarengat Sarengat, Muncarno Muncarno

Abstract

The purpose of this research to increase the activity and study result of student by implementing modelcooperative learning type snowball throwing. Type of research was classroom action research conducted two cycles, with steps of the cycle were planning, acting, observing, and reflecting. The instrument of research data using the observation sheet and questions test. The technique of data analyze used qualitative analyze and quantitative analyze.The result of research showed that implementation of cooperative learning type snowball throwingcan improve the activity and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Snowball Throwingdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, Cooperative Learning, Snowball Throwing, hasil belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Abdurrahman, Mulyono. 2006. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adjie, Nahrowi, & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press.

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Rusman.2011. model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali pers.

Suwangsih, Erna, dkk. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.