PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Hartika Kurniawati, Tambat Usman, Sasmiati Sasmiati

Abstract

The problem in this research was about the learning outcomes of IPS are still low. The purpose of this research was to determine the effect Think Pair Share model to the learning outcomes of IPS. The method in this research was quasi experiment. The sample were a class VB and VC of SDN 3 Mulya Asri. Data analysis used t-test. Result of data analysis showed there was an effect of Think Pair Share model to student learning outcomes of IPS. It showed by N-gain score of student learning outcomes in experiment class (VC) that was 37,50 higher than N-gain score of student learning outcomes in control class (VB) that was 23,29.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah kelas VB dan VC SDN 3 Mulya Asri. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS siswa. Hal ini terlihat dari nilai N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen (VC) yaitu 37,50 lebih tinggi dari nilai N-gain hasil belajar siswa pada kelas kontrol (VB) yaitu 23,29.

Kata kunci: hasil belajar IPS, model think pair share, pengaruh

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PERMENDIKBUD.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.