PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Abstract
The purpose of this study was to determine the influence of learning strategies based on Multiple Intelligences towards learning outcomes. The research method was an experiment research. Data were collected by using a questionnaire, observation and test questions. Data were analyzed using quantitative analysis. Results of research suggested that there are significant influence on the application of multiple intelligences learning strategy based on learning outcomes in the affective, cognitive, and learning outcomes as a whole.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar IPS. Metode penelitian adalah penelitian eksperimen. Alat pengumpul data penelitian menggunakan angket/kueisioner, lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar IPS pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta hasil belajar pada keseluruhan ranah.
Kata kunci: hasil belajar IPS, multiple intelligences, strategi pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amstrong, Thomas. 2002. 7 Kinds of Smart. Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chatib, Munif. 2013. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.
Gredler, M. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice (6th Ed). Pearson Education Inc. Upper Saddle River.
Mei, Tri Adi Saputra. 2015. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Schunk, D.H. 2012. Learning Theories. An Educational Perspective 6th Ed. Pearson Education Inc. Boston. Diunduh dari en.bookfi.org/ [September 2013].
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyono & Hariyanto. 2012. Teori Belajar Behaviorisme. Diunduh dari www.belajarpsikologi.com pada tanggal 8 Sepetember 2013.
Uno, H.B. & Umar, M.K. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Walpole, Ronald E. 1995. Pengantar Statistika Edisi ke-3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.