PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
The problem of this research was the lack of student mathematics study result. The purpose of study was to determine the influence of problem solving methods to mathematics study result. The type of research was experiment. Non-equivalent control group design was used in this research. The sampel consisted of 21 subjects as an experimental group and 21 subject as the control group by using saturated sampling techniques. The data were collected by test technique and questionnaire. The instrument of data collection used test sheets and questionnaire. The techniques of data analysis used hypotheses tested of comparatif two sample correlated. The result of research showed that the implementation of problem solving methods was influenced to mathematics study result of students with value thitung = 2,115 > ttable = 2,021.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design. Sampel terdiri 21 subjek kelompok eksperimen dan 21 kelompok kontrol dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Alat pengumpul data menggunakan lembar tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai thitung = 2,115 > ttabel = 2,021.
Kata kunci: problem solving, hasil belajar, matematika.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyah, N. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD Bahan Ajar Cetak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
-------------. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamiyah, N dan Mohammad, J. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Ihsan, F. 2008. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, i. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitan Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.