PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT

Mentari Mentari, Asmaul Khair, Asmaul Khair, Siti Rachmah Sofiani, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The purpose of this research was to increase the activity and students achievement of mathematics in IV grade of SD Negeri 1 Jurang Ubung by implementing active learning model card sort type. Type of this research was Classroom Action Research (CAR) conducted in 2 cycles. Each cycles were planning, acting, observing, and reflecting. Data were obtained through non-test and test techniques by using the observation sheet and questions test. Data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The result of this research showed that the implementation of active learning model card sort type in mathematics learning will increase students activities and students learning result.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Jurang Ubung melalui model active learning tipe card sort. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning tipe card sort pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, matematika, active learning, card sort.

References

Arikunto, Suharimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatam Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sutikno, M Sobry. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

___________. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.