PENERAPAN PENDEKATAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ni Wayan Ratih, Nelly Astuti, Rapani Rapani

Abstract

The background of this research was the low activities and results of civic education in V the class of elementary school 3 West Metro.This study was conducted to improve students learning activities and result by using PAILKEM approach. The method that used in this research was classroom action research, it was conducted in two cycles and each cycle consisted of: (1) planning, (2) acting, (3) observation, and (5) reflection. The data were collected by non test and test technique. Data collecting technique in this study used observation sheet and instrument test. The researcher used qualitative and quantitative technique in analysing the data. The research showed that the using of PAILKEM approach can improve student activities and result in learning

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V SD Negeri 3 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan PAILKEM. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes.Teknik analisis data mengunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas , hasil belajar, PAILKEM

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Depdiknas. 2006. Permendiknas no 22 Tahun 2006 Tentang Stnadar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruminiati. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan SD. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka

Sobry, M Sutikno. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Afektif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.

Uno, Hamazah B dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.