STUDI EKSPLORASI PEMBELAJARAN IPA SD PILOT PROJECT KURIKULUM 2013 BANDAR LAMPUNG

Diyan Purnamasari, Rochmiyati Rochmiyati, Sugiman Sugiman

Abstract

This research aimed to describe the development of learning material of IPA based on thematic which adjusted by the application of scientific approach and thematic learning. This research was a descriptive research with qualitative approach. The research subjects were the fourth grade teacher in pilot project of curriculum 2013 primary school in Bandar Lampung. Technique of data collection used analiytical review of lesson plans, observation, and documents. Analiysis data included data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this research indicated that: (1) Development of learning materials of IPA adjusted with theme and content standars. Teachers involved their potential, sources, and relevant media. (2) Aspects learning of IPA with the scientific approach were in good categories. (3) Aspects learning of IPA with the thematic learning were in excellent category.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan materi pembelajaran IPA sesuai dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru kelas IV SD pilot project kurikulum 2013 kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan penelaahan RPP, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan materi pembelajaran IPA disesuaikan dengan tema dan standar isi. Guru melibatkan potensi, sumber dan media yang relevan. (2) Aspek kesesuaian pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik kategori baik. (3) Aspek kesesuaian pembelajaran IPA dengan pembelajaran tematik kategori sangat baik.

Kata kunci:eksplorasi, pembelajaran IPA, kurikulum 2013

References

Fadlillah, M., 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hermawan, Heri Asep., Pemasih, Laksmi Dewi. 2008. Buku Modul Universitas Terbuka Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Lexy, Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mendikbud. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Remaja Rosda Karya.

Musfah. 2011. Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.