PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Miftahul Aini, Riyanto M. Taruna, Cut Rohani

Abstract

The purpose of this research was to know whether effect to the students learning result of five grade by using cooperative learning model of Student Teams Achievement Divisions (STAD) type. This research methods was(quasi experiments)which was a study method used to see the effect of some treatment for an object, and to see how much the treatment effect. The population of this research was 42 five grade students of Primary School Negeri 1 Gunung Terang, with VA as experiment class and VB as control class. To collect the data was using the test. Analysis using t-experiment on SPSS 17.0 program for windows. The result of analysis showed that data was there are some effects to IPS learning result by using cooperative learning model of Student Teams Achievement Divisions (STAD) Study Method. This case has been proved with the study average result of experiment class which 91,25 higher than control class who only get 64,55

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adapengaruh pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar ips siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah (quasi eksperimen) yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan pada suatu objek, serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Terang sebanyak 42 siswa, dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis menggunakan uji-T pada program SPSS 17.0 for windows.Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 91,25 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol mendapat nilai 64,55.

Kata kunci : model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions, hasil belajar, IPS

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumaatmadja, Nursid. 2008. Materi Pokok Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Karunika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta : Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah. 2008. Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.