PENGARUH TIPE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Ade Ayu Eres Setyarini, Asmaul Khair, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of the research was to know the influence of cooperative learning model think talk write (TTW) type toward students learning result. This research was using quasi experiment design method non equivalent control group design. The sample consisted of 20 students of experiment group, and 20 students of control group. The collecting data were using a sheet of test. Data analysis technique was using an analysis of the comparative hypothesis test of 2 samples which is correlated. The result of research showed that the implementation of cooperative learning model think talk write type with LKS media influence the students learning result with sig. (2-tailed) < 0,05 = 0,025 < 0,05.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan penerapan model cooperative learning tipe think talk write (TTW) dengan media LKS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV A. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design metode non equivalent control group design. Sampel terdiri dari 20 orang siswa kelompok eksperimen dan 20 orang siswa kelompok kontrol. Alat pengumpul data menggunakan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe think talk write dengan media LKS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan sig. (2-tailed) < 0,05 = 0,025 < 0,05.

Kata kunci: TTW, media LKS, hasil belajar

References

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendiknas. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. http://aturan.dikti.go.id. Diakses Tanggal 11 Oktober Pukul 17.00 WIB

Kemendiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sanjaya, W. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sapriya. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pusdakarya.

Yusuf, AM. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.