PENGARUH TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA SD

Angga Fitra Kusuma, Sarengat Sarengat, Ahmad Sudirman

Abstract

The purpose of study was to determine the effect of cooperatif learning model with the type of think pair share (tps). The quasi-experiment method with non-equivalent control group was used in this study. The sampel consisted of 20 subjects as the experimental group and 20 subjects as the control group with purposive sampling as the sample technique. The instrument in collecting the data used test sheet. Hypotheses were tested using analysis of comperatif two sampling correlation. The result of research showed that implementation of cooperatif learning model type tps gave effect to study result of student with sig. (2-tailed) < 0,05 = 0,027 < 0,05.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-eksperimen metode non-equivalent control group design. Sampel terdiri 20 subjek kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan sig. (2-tailed) < 0,05 = 0,027 < 0,05.

Kata kunci: hasil belajar, cooperative learning, TPS

References

Hamdayana, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Huda, M. 2014. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priyatno, D. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yusuf, AM. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.