HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

Yulia Citra, Maman Surahman, Sugiman Sugiman

Abstract

The purpose of this research was to find out the correlation between discipline of learning with social science learning achievement. The method used in this research was the method of correlation. The sample of the research consist of 47 students. The result of data analysis technique that using the formulation of correlation product moment correlation formula gains r> 0,764, which means the correlation is positive. In addition, tcount greater than ttabel or 0,764 > 0,294 so, H0 is rejected and Ha which states there is a significant relationship between learning discipline and students' achievement of social studies of fifth grade students of SD Negeri 1 Rajabasa, Bandar Lampung in academic year 2015/2016 is accepted.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa yang rendah pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 47 siswa. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product momentdiperoleh r hitung= 0,764yang berarti korelasi tersebut positif.Selain itu, lebih besar dari atau0,764>0,294 sehingga, H0ditolak dan Ha yang berbunyi ada hubungan yang positifdisiplin belajardengan prestasi belajar IPS siswakelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016.


Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, IPS.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu dan Widodo, Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah.2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tu'u. Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.