Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Soal Matematika Bentuk Cerita
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memperoleh gambaran miskonsepsi siswa pada soal matematika bentuk cerita yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (2) memperoleh gambaran miskonsepsi siswa pada soal matematika bentuk cerita yang menerapkan model pembelajaran SSCS; (3) mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS terhadap miskonsepsi siswa pada soal matematika bentuk cerita. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan bentuk posttest-Only Control Design. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes miskonsepsi dengan menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice disertai certainly response indeks (CRI) dan angket respon siswa. Tes diagnostik berupa tes pilihan ganda dengan alasan terbuka sebanyak 17 pertanyaan. Hasil posttest menunjukkan bahwa persentase rata-rata miskonsepsi pada kelas eksperimen sebesar 29% lebih rendah dibanding persentase rata-rata miskonsepsi pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran sscs (search, solve, create, share) terhadap miskonsepsi siswa pada konten matematika soal bentuk cerita.
Kata Kunci: miskonsepsi, sscs, two tier multiple choice
Full Text:
PDFReferences
Andiska, G. S. (2018). Remediasi Miskonsepsi Melalui Model SSCS (Search, Solve, Create, Share) dengan Metode Resitasi Pada Materi Suhu dan Kalor. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS), Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekan Baru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 71-78.
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 42-52.
Istiyani, R., Muchyidin, A., & Raharjo, H. (2018). Analysis of Student Misconception on Geometry Concepts Using Three-Tier Diagnostic Test. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2), 223–236. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.14493
Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical Intelligence. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2018). Miskonsepsi Siswa SMP dalam Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar VAK. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 232-239.
Mustofa, Z. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) dengan Strategi Mind Mapping terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Kertosono. SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM. UM. Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/fisika/article/view/39649
Pizzini, E. L., Shepardson, D. P., & Abell, S. K. (1989). A rationale for and the development of a problem solving model of instruction in science education. Science Education, 73(5), 523–534. https://doi.org/10.1002/sce.3730730502
Suaebah, E., & Masduki. (2016). Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Lingkaran. Universitas Muhamadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/39509/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Rantika, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbantu Asking Card terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kerjasama Siswa Kelas XI Materi Larutan Penyangga. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
Waluyo, E. M., Muchyidin, A., & Kusmanto, H. (2019). Analysis of Students Misconception in Completing Mathematical Questions Using Certainty of Response Index ( CRI ). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 27–39. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.2988
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Flimacon.v1i2.20405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Limacon: Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing Site: