Pengaruh Pembelajaran Generatif yang Memanfaatkan Edutainment Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Reffa Santy, M. Coesamin, Sugeng Sutiarso

Abstract


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran generatif yang memanfaatkan edutainment terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang dipilih melalui teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan the pretest-posttest  control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa berbentuk essay. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji- . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran generatif yang memanfaatkan edutainment berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata Kunci: pengaruh, komunikasi matematis, pembelajaran generatif, edutainment


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, Evi., dan Wardani, O.P. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Augus, Enie J. 2015. Kemampuan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA Universitas Lampung.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.Armiati. 2009.

Efendi, Dewi Yulianti. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Koneksi Matematik di SMP.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung.

Ekaputri, Yanti Nazmai. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol.2 No.2 Th. 2017 (Page 113-118). [Online] Tersedia: http://docplayer.info/60702876-Pengaruh-model-pembelajaran-generatif-terhadap-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-kelas-viii-mtsn-tarusan-kabupaten-pesisir-selatan.html. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2019.

Fujiwijaya, A. Wiwiek Pratiwi. 2016. Analysis of Students’ Communication abilities and Mathematics Logic Thinking in Generative Learning With scientific approach of Class XI Students Majoring in Health Analys at SMK Kesehatan Mega Rezky in Makassar. Jurnal daya Matematis, Vol.4, No.2, Juli 2016, Hal.220. [Online]. Tersedia: http://ojs.unm.ac.id/JDM/article/-view-File/2900/pdf_39. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2018.

Hakim, Arif Rahman. 2014. Pengaruh Modl Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 4(3): 196-207, 2014 ISSn: 2088351X. [Online]. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/234970-pengaruh-model-pembelajaran-generatif-te3f2cb815.pdf. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2019.

Haryadi, Herjan. 2017. Efektivitas Strategi Pengajaran Edutainment dengan Metode Picture and Picture Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan Pada Siswa Kelas VII MTs. Darussalam Bermi Tahun Pelajarn 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education. [Online]. Tersedia: ejournal.mandalanursa-.org. Diakses Pada tanggal 18 Oktober 2019.

Iharodhiyah, Lisa. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Generatif Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-A MTs Wachid Hasyim Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Permendikbud.

Putri, Ratu Ilma I. 2011. Improving Mathematics Communication Ability Of Students In Grade 2 Through PMRI Approach.In Proceeding International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. Departement of Mathematics Education, Yogyakarta State University.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

OECD. 2016. Program for International Student Assesment (PISA) Result from PISA 2015. [Online]. Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-In-donesia.pdf. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018.

Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org/. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Flimacon.v1i2.19815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Limacon: Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing Site: