Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry melalui Penguatan Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Yuanita Dwi Parasta, Sugeng Sutiarso, Caswita Caswita

Abstract


Penelitian ini  merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan pada pokok bahasan Segi Empat, dan mengetahui efektifitas model pembelajaran yang dikaitkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini menggunakan tahap-tahap penelitian menurut Akker, dengan 2 tahapan utama yaitu preliminary, dan uji formatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 2 Sukadana TP 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil uji perorangan menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan.termasuk dalam ketegori baik. Hasil analisis data pada uji terbatas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan dengan kategori cukup efektif.


Full Text:

PDF

References


Eggen, Paul. D dan Donald. P. Khauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta. PT. Indeks.

Hasibuan, J.J, Dip. Ed, dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Joe, Lau dan Jonathan Chan. 2004. Module About Critical Thinking. http://www.philosophy.hku.hk/thinki/critical/et.php. Diakses pada 26 Juli 2016.

Katmanda, Aikaterini, dkk. 2014. Implementing A Game For Supporting Learning In Mathematics The Electronic Journal Of E-Learning Volume 12 Issue 3 2014, (230-242). http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1035662.pdf. Diakses pada 27 Maret 2017

Ku, O., Chen, S, dkk. 2014. The Effects Of Game-Based Learning On Mathematical Confidence And Performance : High Ability Vs. Low Ability. The International Forum Of Educational Technology And Society 17 (3), 65 – 78, Submitted May 7, 2013; Revised September 12, 2013; Accepted November 7, 2013. http://chan.lst.ncu.edu.tw/publications/2014-The%20effects%20of%20game%20based%20learning.pdf. Diakses pada 27 Maret 2017.

Permendikbud No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Menengah.

Religiusa, A.A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Dalil Phytagoras Di Kelas VIII Mts. Negeri Sidoarjo. Surabaya. UIN Sunan Ampel.

Russ Efendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Edisi Revisi. Bandung. Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Simamora, Erika N. 2011. Pembelajaran Inkuiri Sebagai Upaya Peningkatan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Paradikma. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 1 Edisi 2011. http://digilib.unimed.ac.id/761/1/Pembelajaran%20inkuiri%20sebagai%20 upaya%20peningkatan%20berpikir%20kritis%20dan%20komunikasi%20matematis%20siswa%20Sekolah%20Menengah%20Pertama.pdf. Diakses pada 27 Maret 2017

Somakim. 2010. Pengembangan Pembelajaran Matematika. https://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengembanganpembelajaranmatematika_unit_2_0.pdf. Diakses pada 27 Maret 2017

Sudijono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, Ariyadi. 2008. Manfaat Permainan Tradisional Untuk PMRI. Yogyakarta. Universitas Satana Dharma.

Winataputra, Udin. S. dkk. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Flimacon.v1i1.19113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Limacon: Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing Site: