Evaluation of Online Learning Implementation with a System Thinking Approach

Casnan Casnan, Heti Triwahyuni, Opah Ropiah, Irman Firmansyah

Abstract


Abstract: Evaluation of Online Learning Implementation with a System Thinking Approach. One of the successes of the learning process can be seen from the student’s grades, but the overall evaluation process based on feedback from students can be done using systems thinking approach. Objective: The systems thinking approach in research aims to find out the obstacles to the online learning process and determine problem-solving strategies to improve the quality of online learning. Methods: The research method used is the descriptive qualitative method and Focus Group Discussion (FGD). Findings: Based on the results of the study, there are 20 variables of obstacles in the implementation of learning that are interrelated and influence the implementation of learning. Conclusion: The results of the study, it shows that the objective variables in learning are the learning process, student understanding of learning material, and value of learning outcomes, the supporting variables to answer the learning objectives are lecturer creativity and student motivation.

Keywords: evaluation, online learning, systems thinking approach.

Abstrak: Evaluasi Penerapan Pembelajaran Daring dengan Pendekatan System Thinking. Keberhasilan proses pembelajaran salah satunya dapat dilihat dari nilai mahasiswa, akan tetapi proses evaluasi secara menyeluruh berdasarkan timbal balik dari mahasiswa dapat dilakukan dengan pendekatan systems thinking. Tujuan: Pendekatan systems thinking dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala proses pembelajaran secara daring (online) dan menentukan strategi pemecahan masalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara daring. Metode: penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan Focus Group Discussion (FGD). Temuan: Berdasarkan hasil penelitian terdapat 20 variabel kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yang saling terkait dan saling mempengaruhi yaitu proses pembelajaran. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tujuan dalam pembelajaran adalah proses pembelajaran, pemahaman mahasiswa dan nilai mahasiswa, variabel penunjang untuk menjawab tujuan pembelajaran adalah kreativitas dosen dan motivasi mahasiswa.

Kata kunci: evaluasi, pembelajaran daring, pendekatan systems thinking.

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v12.i3.202209


Full Text:

PDF

References


Afiyanti, Y. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62.

Anggresta, V. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Universitas Negeri Padang. Economica, 4(1), 19–29.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. In Ciptapustaka Media.

Bui, H., & Baruch, Y. (2010). Creating learning organizations: A systems perspective. Learning Organization, 17(3), 208–227. https://doi.org/10.1108/09696471011034919

Casnan, Mahpudin, & Puadi. (2019). Penerapan Permainan Interaktif Geocaching Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Sebagai Inovasi Baru Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, July 2020. https://doi.org/10.17509/edusentris.v4i2.374

Cece, C., & Winata, E. (2019). Pengaruh gaya mengajar dosen dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa perguruan tinggi swasta kota medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 448–454. https://www.neliti.com/id/publications/288168/pengaruh-gaya-mengajar-dosen-dan-motivasi-belajar-terhadap-prestasi-belajar-maha

CRESWELL, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.

Dzulfikri, A. fahmi. (2019). Evaluasi Efektivitas Kuliah dalam Jaringan (Daring) atau Kuliah Online pada Masa Pandemi Covid-19. Repository.Unmuhjember.Ac.Id, 19. http://repository.unmuhjember.ac.id

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahab, 1(2), 274–282.

Fajhriani. N, D. (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(3), 298–309. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i3.27

Fathoni, A., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Persepsi Mahasiswa Pgsd Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 107. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p107--123

Hadi, M. J., & Junaidi, M. (2020). Prinsip dan Langkah-Langkah Penerapan Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 5(2), 126–134. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v5i2.426

Haq, S. (2000). BUDAYA BELAJAR KELOMPOK MAHASISWA (hal. 16–32).

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Kuncoro, N. E. dan amin. (2017). faktor faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman IFRS (international financial reporting standar). jurnal STIE Semarang, 9(9), 1689–1699.

Magdalena, I., Mulyani, F., Fitriyani, N., & Delvia, A. H. (2020). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Di Sd Negeri Bencongan 1. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 87–98.

Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA NEGERI 9 Semarang. Edusainstech, Prosiding Seminar, FMIPA UNIKUS 2020, 62–71.

Pratiwi, A., Fadlilatul Hikmah, Adi Apriadi Adiansha, & Suciyati. (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i1.27

Suryati Sitepu, E. (2019). Analisis Kesesuaian Materi Ajar Dengan Tes Hasil Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Fkip Uhn Medan. 02(01), 1–8.

Sutrisno, R. R., & Hamdu, G. (2020). Aplikasi Mobile Learning Model Pembelajaran STEM untuk Guru Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 227–238. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p227

Tasdik, R. N., & Risma Amelia. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 510–521.

Tasri, L. (2011). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB. Medtek, 3(2).

Trilestari, E. W. (2004). Systems Thinking dan System Dynamics Sebagai Suatu Pendekatan dalam Pengukuran Kinerja Pelayanan B . Keunggulan Pendekatan Systems Thinking dan System Dynamics. 71–81.

Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013). In UNIPMA Press.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley. Research Gate, March, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/323557072


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.