IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Tri Astuti Arigiyati

Abstract


The purpose of this study was (1) To know how to grade students' mathematics learning activities SMP Kartika XII-1 by applying authentic assessment, (2) To find out how to learn math class VIII SMP Kartika XII-1 by applying authentic assessment. This research is a classroom action research (CAR) conducted collaboratively. Data collection techniques in this study conducted by observation and testing techniques.The average percentage of achievement indicators of activity in the first cycle is 51.44% and then increased to 78.85% in the second cycle. Classical completeness percentage also increased from 50% in the pre-cycle increased to 69.23% in the first cycle and increased to 76.92% in the second cycle. Because the study of mathematics by applying authentic assessment system can enhance the activity and student achievement is expected of teachers can apply the assessment system.

Keywords: authentic assessment, mathematics learning outcomes, student activity

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kartika XII-1 dengan menerapkan penilaian autentik, (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kartika XII-1 dengan menerapkan penilaian autentik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan teknik tes. Rata-rata prosentase pencapaian indikator keaktifan pada siklus I adalah 51,44% kemudian meningkat menjadi 78,85% pada siklus II. Prosentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 50% pada pra siklus meningkat menjadi 69,23% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,92% pada siklus II. Karena pembelajaran matematika dengan menerapkan sistem penilaian autentik dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa maka diharapkan guru dapat menerapkan sistem penilaian tersebut.

Kata kunci: penilaian autentik, hasil belajar matematika, keaktifan siswa


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka. Cipta.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Bandung: Pustaka Setia, 2002

ER, Cecep. 2002. Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Direktorat SLTP, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Hakim, Thursan. 2002. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Suara.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lexy Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mc. Alister, Brian. 2006. The Authenticity of Penilaian Autentik: What the Research says or Doesnt Say. University of Wisconsin-Stout.

Mueller, Jonathan. 2006. What is penilaian Autentik. Naperville: North Central College.

Munaf, Syambasri. 2001. Evaluasi Pendidikan Fisika. Bandung: FPMIPA UPI.

Mutalazimah, dkk. 2008. Pengembangan Model Penilaian Autentik Untuk meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Statistika. Universitas Muhaamadiyah Surakarta: Varia Pendidikan Vol 20 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.