Penggunaan Metode Field Trip Mangrove Cagar Alam Pulau Dua Terhadap Penguasaan Konsep Siswa
Abstract
This study aimed to analyze the field trip method of Mangrove in Pulau Dua Nature Reserve on students concepts mastery. The research used quasi experiment method with The Matching Only Posttest Only Control Group Design. This research used experimental class and control class with research subject of X grade student in SMA Negeri A of Serang-Banten City. Data were obtained from concepts mastery test and questionnaire of students responses regarding the implementation of learning. The results showed that the use of field trip method of Mangrove in Pulau Dua Nature Reserve on students concepts mastery is higher than control class.
Keywords: Mangrove Pulau Dua Nature Reserve, Field Trip, Concept Mastery
Studi ini bertujuan untuk menganalisis metode field trip Mangrove Cagar Alam Pulau Dua terhadap penguasaan konsep siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching Only Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan subjek penelitian siswa kelas X di SMA Negeri A Kota Serang-Banten. Data diperoleh dari soal penguasaan konsep dan angket tanggapan siswa mengenai keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode field trip mangrove Cagar Alam Pulau Dua terhadap penguasaan konsep siswalebih tinggi dari kelas kontrol.
Kata kunci: Mangrove Cagar Alam Pulau Dua, Field Trip, Penguasaan Konsep
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W. & Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqib, Z., & Rohmanto, E. 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV. YramaWidya.
Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Djamarah, S. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta Rineka Cipta.
Fensham, Gunstone, & White. 1994. Pedagogical Sequence and Teaching
Strategies Based on Cognitive Research. London: The Falmer Press.
Komalasari, K. 2011 . Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.
Bandung: PT Refika Aditama.
Prokop, Tuncer, & Kvasnic. 2007. Short Term Effects of Field Programme on Students Knowledge and Attitude Toward Biology: a Slovak Experience. Journal of Science Education and Technology, 16, (3).
Sadiman, Raharja, Haryono, & Rahardjito. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Takandjandji, M. & Kwatrina, R.T. 2011. Pengelolaan Cagar Alam Pulau Dua di Provinsi Banten sebagai Ekosistem Bernilai Penting. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, 8 (2) 112.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.