KAJIAN MAKNA SOSIAL-BUDAYA RAMBU SOLO DALAM PEMBENTUKAN KARAKATER PESERTA DIDIK
Abstract
The problems of young generationcharacter is the impact of globalization. It caused the need of character building education. Ceremony of solo signs that has social value and religus can be used as teaching material in character education. The purpose of this study was to determine the socio-cultural meanings of ceremony solo signs in Toraja. This study was a literature study by using descriptive analysis. The results are as follows: a) As a unifying container family; b) As a means to divide the inheritance; c) As a point of stating dignity; c) As a point of mutual cooperation and responsibility; d) As a container artistic development means; e) As a containers of donating. The ceremony of solo signs can be used as a source of learning for character education in accordance with the needs of learners characters desired by the Indonesian nation.
Permasalahan karakter generasi bangsa merupakan dampak dari globalisasi. Hal tersebut menyebabkan perlunya penanaman pendidikan berkarakter. Upacara rambusolo yang memiliki nilai sosial dan religus dapat dijadikan sebagai bahan ajar pendidikan berkarakter. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna sosial budaya upacara rambu solo di Toraja. Penelitian ini merupakan peneltian studi kepustakaan dengan menggunakan analisis deskriptif. Adapun hasilnya yaitu: a) Sebagai wadah pemersatu keluarga; b) Sebagai tempat membagi warisan artinya; c) Sebagai tempat menyatakan martabat; c) Sebagai tempat bergotong royong dan tanggung jawab; d) Sebagai wadah pengembangan seni artinya; e) Sebagai Wadah berdonasi. Upacara rambu solo dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran pendidikan berkarakter karena sesuai dengan kebutuhan karakter peserta didik yang diinginkan oleh bangsa Indonesia.
Kata kunci : karakter, rambu solo, peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Efendi, A.S. 2011. Implementasi Kearifan Lingkungan Dalam Budaya Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan, ISSN 1412-565X, Agustus 2011, (online), (jurnal.upi.edu/file/8Agus_Effendi.pdf). Diakses Agustus 2015.
Karmadi, Agus Dono. Budaya Lokal Sebagai Warisan Budaya dan Upaya Pelestariannya. Makalah disampaikan pada Dialog Budaya Daerah Jawa Tengah yang di sel enggarakan oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, di Semarang 8 - 9 Mei 2007.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya
Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Kusumohamidjo, Budiono. 2010. Filsafat Kebudayaan: Proses Realisasi Manusia. Yogyakarta: Jalasutra
Lullulangi, Mithen. 2007. Arsitektur Tradisional Toraja. Makassar: Balai Penerbit Universitas Negeri Makassar Desain Modern.
M. Nazir. 2005. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Paranoan, Marrang. 1990. Upacara Kematian Orang Toraja, Analisis Psiko-SosioKultural. Rantepao: Percetakan Sulo.
Roosmala. 2009. Persepsi Masyarakat Toraja Pada Upacara Adat Rambu Solo dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Wilayah : Studi Pada Masyarakat Toraja Di Kecamatan Panakkukang Kota
Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. (online), http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=penelitiandet ail&act=view&typ+html&muku_id=44464&obyek_id=4
Said, Abdul Azis. 2004. Simbolisme Unsur Visual Rumah Tradisional Toraja dan Perubahan Aplikasinya Pada Desain Modern. Ombak: Yogyakarta
Saroengallo, T. 2010. Ayah anak beda warna: Anak toraja kota menggugat. Yogyakarta: Tembi
Sitonda, Mohammad Natsir. 2007. Toraja warisan dunia (cetakan kedua). Makassar: Pustaka Refleksi
Suharjana. 2012.Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II,
Nomor 2, Juni 2012. (Online), http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1303/1084. diakses pada 29 September 2015
Sulasman dan Gumilar, Setia. 2013. Teor-teori Kebudayaan dari Teori hingga Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia
Suyanto. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Tangdilintin. 2009. Toraja Sebuah Penggalian Sejarah dan Budaya. Makassar: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Makassar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.