Development of Science Digital Comics as a Learning Media of Human Digestive System to Improve Students Reading Interest
Abstract
Abstract The low score of MAN 1 Medan students in Biology material is due to the low interest in reading. The purpose of this study is to find out how to develop digital comic-based learning media and the influence of the use of digital comics on reading interest in human digestive system material. This type of research uses the ADDIE development model. Which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Based on the results of material expert validation, the assessment achieved on average is very feasible with a percentage of 100 percent. Based on the validation results of media experts, the assessment achieved on average is very feasible with a percentage of 94 percent. And obtained an N-Gain score of 0.56 with a moderate category. It can be concluded that the applied digital comic learning media is effectively used to increase students' interest in reading with a moderate effectiveness category.
Keywords interest in reading, digital comics, ADDIE models, human digestive system
Abstrak Rendahnya nilai siswa MAN 1 Medan pada materi Biologi dikarenakan rendahnya minat baca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengembangkan media belajar berbasis komik digital dan pengaruh penggunaan komik digital terhadap minat baca pada materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Yang mana terdiri dari lima tahapan, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil validasi ahli materi, penilaian yang dicapai rata-rata adalah sangat layak dengan persentase 100 persen. Berdasarkan hasil validasi ahli media, penilaian yang dicapai rata-rata adalah sangat layak dengan persentase 94 persen. Dan diperoleh skor N-Gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa media belajar komik digital yang diterapkan efektif digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa dengan kategori efektivitas sedang.
Kata kunci minat baca, komik digital, model ADDIE, sistem pencernaan manusia
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad. (2013). EVALUASI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR. Semarang: Sultan Agung Press.
Afifa, Aisya Nur Afifa, dkk. (2021) Pengaruh Penggunaan Teknologi Di Masa Pandem Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di Man 2 Jember, ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 2, No. 1, Januari-Juni.
Bintari, Ramadhanti Husnah. (2020). Kecanduan Gadget Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Xii Mipa Sman Sutojayan Kabupaten Blitar, Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti Vol 8 No 2.
Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori Dan Prosedur, Serang: Penerbit Laksita Indonesia.
Damopolii, Insar Damopolii, Et All. (2021). Digital Comics In Online Learning During COVID-19: Its Effect On Student Cognitive Learning Outcomes, Ijim ‒ Vol. 15, No. 19.
Fahmy, Zulfa, dkk. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Sastra Indonesia 10(2) 121-126.
Fitriansyah, Fifit. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa, Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 3, Nomor 1, Januari, hal 123-130
İlhan, Genç Osman İlhan, Gamze Kaba, Maide Sin. (2021). Usage Of Digital Comics In Distance Learning During Covid-19, International Journal On Social And Education Sciences, Vol. 3, No. 1, 161-179.
Kanti, Fitra Yurisma. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 JEMBER, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, Volume 12 Nomor 1.
Lubis, Maulana Arafat. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca Ppkn Siswa Min Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan, JURNAL TARBIYAH, Vol. 25, No. 2, Juli-Desember.
Maknuni,, Jauharil Maknuni. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19, Indonesian Educational Administration And Leadership Journal (Ideal) Vol. 02, No. 02, Hal. 94 – 106.
Narestuti, Agi Septiari, dkk,. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2) Desember.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Umsida Press.
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Dalam Jurnal Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni.
Puji Handayani dan Henny Dewi Koeswanti. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Vol 4 No 2 April.
Purnama, Unty Bany ,dkk,. (2015). Penggunaan Media Komik Digital Dan Gambar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Teknodika, Volume 13, Nomor 2, September.
Purnamasari, Apon. (2020). SISTEM PERTAHANAN TUBUH BIOLOGI-KELAS XI, Modul Biologi Kelas. XI KD.3.14, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN
Rachmadyanti, Putri dan Ganes Gunansyah. (2020). Pengembangan Ebook untuk Mata kuliah Konsep Dasar IPS Lanjut bagi Mahasiswa PGSD UNESA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (1) 83-93.
Rachmawati, Faidah, dkk. (2009). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Raida, Sulasfiana Alfi, Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa Dan Guru SMA Se-Kota Salatiga, Journal of Biology Education Vol 1 No 2 (2018) hal.210.
Rayanto, Yudi Hari dan Sugianto. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Kota Pasuruan, Lembaga Academic & Research Institute.
Shoffa, Shoffan, dkk. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Jawa Timur: CV. AGRAPANA MEDIA.
Sukardi. (2021). Analisa Minat Membaca Antara E-Book Dengan Buku Cetak Mengunakan Metode Observasi Pada Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri, Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 2 Bulan Juli.
Wirda, Yendri, dkk. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa, Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suwarno. (2009). Panduan Pembelajaran Biologi : Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.