Implementation of Students Worksheet with Discovery Learning Model Based on the Local Potentials of Mangrove Forest

Ismail Djafar, Frida Maryati Yusuf, Dewi Wahyuni Kyai Baderan

Abstract


Abstract This study aims to reveal the implementation of students worksheet that is based on the local potentials of mangrove forest with discovery learning. The subject of this study was students in grade X Science 3 in SMA Negeri 1 Marisa. This is a quantitative research with a pre-experimental design particularly one group pre- and post-test design. The research result revealed that the practicality test for the result of observing students’ activities obtained an average score 87.5 percent (excellent) for meeting I and 93.8 percent (excellent) for meeting II. The analysis of learning feasibility was 100 percent (excellent). The analysis of students’ responses was 96.8 percent (excellent). The analysis of effectiveness perceived from students’ learning result obtained N-Gain score 61.5 which was categorized medium. It can be concluded that students’ worksheet that is based on the local potentials of mangrove forest with discovery learning can be used for learning to improve students’ learning result on biodiversity material.

 

Keywords students’ worksheet, mangrove forest, discovery learning.

 

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi lembar kerja peserta didik berbasis potensi lokal hutan mangrove dengan model discovery learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Marisa. Jenis penelitian kuantitatif dengan pre-experimental design khususnya one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menemukan bahwa uji kepraktisan untuk hasil pengamatan aktivitas peserta didik  memperoleh skor  rata-rata pada pertemuan I adalah 87,5 persen (sangat baik) dan pertemuan II sebesar 93,8 persen (sangat baik). Analisis keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100 persen (sangat baik). Analisis respon peserta didik sebesar 96,8 persen (sangat layak). Analisis keefektifan yang dilihat pada hasil belajar peserta didik memperoleh N-Gain score 61,5  dengan kategori sedang. Kesimpulannya bahwa lembar kerja peserta didik Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove dengan Model Discovery learning dapat digunakan  dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati.

 

Kata kunci lembar kerja peserta didik, hutan mangrove, pembelajaran discovery.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp1252-1261


Full Text:

PDF

References


Jajarni, T. 2019. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas VII di MTsS Darul Hikmah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Kemendikbud RI 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marsila, W., Connie, C. & Swistoro, E. 2019. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1): 1–8.

Permatasari, E.A. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi untuk Pembelajaran Biologi di SMA. Universitas Jember.

Rahim, S. & Baderan, D.W.K. 2017. Hutan Mangrove dan Pemanfaatannya. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Rezeki, S. 2022. Pengaruh E-LKPD Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Animalia Kelas X di SMA Negeri 2 Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sudjana, N. 2012. Definisi dan Tinjauan Tentang Pemahaman. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 24(4): 11–18.

Trianto 2016. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, S. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2): 189.

Wiranata, I.M.R.A. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Konstektual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD No. 1 Sempidi Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Pendidikan Ganesha Denpasar.

Wulandari 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Cerita Bergambar pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Universitas Negeri Semarang.

Yazid, K. 2016. Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Yunis, H. 2019. Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Menggunakan LKPD Secara Daring di SMPN 248 Jakarta. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 1(2): 178–183.

Yusuf, A.M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Yusuf, F.M., Baderan, D.W.K. & Amu, A.S. 2019. Pengembangan Rencana Pembelajaran Untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Prosiding Conference on Research and Community Services, 1(1): 241–248.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.